Jumat, 09 Mei 2014

BERSELANCAR DI LAUT SUDAH BIASA!, COBA UNTUK BERSELANCAR DISINI




btravindonesia.com
Sungai Kampar, sungai yang berada di pesisir timur pulau Sumatra Riau ini adalah rumah bagi gelombang tidal yang cocok untuk berselancar. Berselancar di sungai memang tidak kedengaran lazim. Sungai Kampar, khususnya di bagian muaranya dengan Selat Malaka, di wilayah Teluk Meranti, Riau, memiliki ombak besar dan bisa dinaiki dengan berselancar. Warga lokal menyebutnya ombak bono.
Ombak bono terjadi karena gelombang pasang dari selat malaka masuk ke aliran sungai Kampar yang tidak terlalu dalam, dengan kedalaman rata-rata tujuh hingga delapan meter saja. Ombak bono merupakan fenomena alam yang telah terjadi sejak dahulu. Namun demikian, potensi ombak bono untuk berselancar memang belum ramai diketahui orang. Pesalancar dapat melakukan berselancar diatas ombak setinggi lebih dari tiga meter dan sejauh 50 kilometer.
Ombak bono bisa terjadi setiap hari, namun besar atau kecilnya bergantung pada pasang laut yang mengikuti siklus bulan. Pada saat bulan penuh, ombak bono bisa setinggi tiga hingga lima meter, ombak paling besar biasanya terjadi pada bulan Desembar. Pemda setempat menggelar Festival Bekudo Bono setiap tahun, kalau bulan mati tidak ada ombak bono. 

tempo.co.id
Di Teluk Meranti ini kita bisa coba berbagai macam teknik selancar. Hampir semua ada kecuali windsurfing, karena tidak ada angin. Namun demikian, ombak bono sebetulnua kurang cocok ditunggang dengan shortboard , lebih enak dengan longboard, karen kita jadi lebih mudah berdiri. Menunggangi ombak bono lain rasanya dari berselancar diatas ombak laut. Karena bergantung pada angin, ombak laut selalu ada, namun tidak bisa untuk berselancar lama. Ombak bono tidak bergantung pada angin, sebab itu tidak sekuat ombak lautakan tetapi, sekali berselancar kita bisa menunggangi ombak selama satu jam lebih. Menempuh jarak 60 kilometer, selama kaki tidak lelah. Pengaalaman unik inilah yang dicari peselancar kelas dunia
Tidak banyak sungai di dunia yang memiliki ombak seperti ini. Memang ada sungai uang serupa seperti di Inggris, Brasil, dan Kanada. Tapi dari semuanya, hanya Sungai Kampar yang dapat diselancari paling jauh dan lama
Tips
1.       Di Pekanbaru kita bisa menyewa mobil dan minta diantar langsung ke Teluk Meranti. Jarak Pekanbaruke Teluk Meranti sekitar 130 Km dan dapat ditempuh selama 5-7 jam.
2.       Jika ingin pergi ke Teluk Meranti melalui Sungai Kampar, dari Pekanbaru kita mesti menuju ke pangkalan kerinci, dan dari sana naik speedboat Pulau Muda Express. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam.
3.       Satu-satunya penginapan di Teluk Meranti adalah Mega Lestari, memiliki delapan kamar yang dilengkapi kipas angin. Ada empat kamar mandi bersama di belakang penginapan. Harga kamar Rp 60.000per malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar