Minggu, 11 Mei 2014

WISATA KULINER SAMBAL DI SURABAYA



        Dengan suhu udara yang cukup tinggi, bagi penggila kuliner dengan menu makanan  yang dapat membakar lidah merupakan suatu tantangan tersendiri, ada atmosfer khas saat mencicipinya di kota pahlawan ini. Belum dinamakan penggila sambel jika belum berkunjung ke tempat-tempat berikut ini saat berada di Surabaya.

Sambal Bu Rudy .
burudy.blogspot.com
Sejak gerai ini dibuka pada jam 7 pagi, puluhan botol sambal bawang yang masih hangat dari dapur akan segera ludes di borong pembeli. Harga jual sambel per botol  di gerai ini rata-rata antara Rp 15.000-18.000. keunikan sambal ini adalah teksturnya yang lebih kasar sehingga bisa dilihat jelas potongan cabe rawit, cabe merah besar dan bawang merahnya. Biasanya sambal disajikan dengan nasi hangat, udang kering dan kerupuk. Tersedia juga sambal hijau khas nasi Padang dan sambal terasi lainnya yang juga populer. Alamat restoran: jalan Dharmahusada  140 pusat.

Bebek Mercon
food.detik.com
Mercon memang identik dengan sensasi meledak-ledak. Begitulah lidha kita saat mulai mencicipi daging Bebek Mercon . bebek ini tidak hanya digoreng kering spsrti menu umumnya, melainkan dipotong kecil-kecil lalu dimasak didalam kuah kental berwarna kecoklatan yang kaya akan cabe.
Bebek Mercon biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat dan lalapan kemangi serta potongan mentimun, harga seporsi meni disini Rp 15.000. Alamat restoran: Jalan Kayoon 10A

Nasi Goreng Jancuk
Meskipun “jancuk” berkonotasi negatif, namun tak jarang dipakai oleh orang lokal untuk menunjukkan keakraban dan persahabatan yang erat sesama arek Suroboyo. Nasi Goreng Jancuk hanya dijual dalam porsi besar yang lebih sedap disantap banyak orang dan kemudian bersama-sama mengumpat karena kepedesan.
kaskus.co.id
Layaknya uji nyali, nasi goreng ini dimasak dengan campuran cabe rawit sebanyak 20 biji yang sudah dihaluskan. Sebagai topping ada irisan daging ayam, udang, hingga potongan daging kepiting dan telur dadar. Menyantap nasi goreng ini kerap dilombakan dalam acara-acara spesial. Alamat restoran: Restoran Surabaya Plaza Hotel, 33-37 Jalan Pemuda. Telp: 031-531 6833
Berani mencoba?
*berbagai sumber
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar