Jumat, 09 Mei 2014

SEKARANG WISATA KE MALDIVES SEMAKIN MURAH!



Berkat dibukanya penginapan terjangkau dan penginapan murah, pariwisata kepulauan Maldives yang tadinya terkenal sebagai destinasi turis berada, kini mulai berubah. 
Sepertinya tak mungkin ada “Maldives versi murah” mengingat republik itu identik dengan bintang film berjemur dipantaai dan jutawan berpesiar di kapal. Penginapan super mahal seperti vila yang mematok harga lebih dari 15 ribu dolar permalam ada dimana-mana. Untuk pertama kalinya setelah sekian puluh tahun, losmen murah mulai bermunculan sebagai dampak perubahan perundang-undangan.
(dreamtraveltrip.com)

Kepulauan Maldives terdiri dari 1.190 pulau kcil yang terbagi menjadi 3 kelompok utama: pulau resor (hanya satu resor per-pulau), pulau berpenghuni (tempat masyarakat setempat dan losmen), serta pulau tanpa penghuni. Sebelumnya, nyaris mustahil mendapatkan kamar seharga dibawah US$ 300, tarif rata-rata untuk resor bintang tiga diluar ibulota Maldives yang penuh sesak. Losmen dilarang dan turis yang menginap di pulau penduduk dianggap melanggar melanggar hukum. Kini, dengan US$ 40 per-malam, wisatawan dapat menikmati losmen sederhana namun nyaman. 
 Terletak 87 Km dari Male’ dan berpenduduk 1.200 jiwa, Dhangethi sedang naik daun sebagai tujuan backpacking. Selain dari pariwisata, penduduknya berpenghasilan sebagai nelayan, pengrajin, tukang kayu, dan pembuat perahu. 

 Di Holiday House Dhangethi, tamu bisa berpiknik di pantai atau berselancar angin hanya dengan Rp 180.000-bandingkan dengan Rp 650.000 di resor. Rp 560.000 sudah cukup untuk perjalanan menyelam seharian, yang di resor dapat dipatok delapan ratus ribu hingga dua juta rupiah. Rumah untuk lebih dari 2.000 spesies ikan tropis, hiu paus sebesar bus tingkat, pari elang, belut moray, dan hiu karang, Maldives termasuk salah satu destinasi menyelam terbaik di dunia.                         Penyelam bisa memilih shore dive untuk menjelajaah ” karang sekitar” atau naik perahu melacak hiu paus dan pari elang (Maldives adalah satu-satunya tempat di dunia dengan populasi hiu paus sepanjang tahun). 
ikan hiu paus (oasisholidaysmaldives.com)

Tersedia juga pilihan mengunjungi reruntuhan kapal karam, mencoba drift diving serta night diving, dan masuk ke goa-goa dan pulau bawah laut (thila). Alami langsung cara hidup masyarakat setempat melalui kegiatan budaya yang ditawarkan beberapa losmen. Losmen Islandway yang baru saja dibuka di pulau Guraidhoo menawarkan kelas memasak yang dipimpin oleh satu-satunya kepala koki wanita kelahiran Maldives. Tamu juga dapat menyaksikan pengrajin membuat kerajinan atau belajar memancing seharian. Ada lusinan losmen di Maldives yang dapat kita tempati, dan pulau yang paling banyak di rekomendasikan untuk dikunjungi wisatawan yaitu pulau Dhangethi dan Rasdhoo. Di pulau resor kita hanya bisa bersantai di panta, tapi dengan menginap di losmen pulau penduduklah kita bisa sungguh-sungguh menyelami Maldives.            Beberapa losmen sedang di rampungkan disini.

tips akomodasi:               
·         nilai tukar mata uang: Maldivian rufiyaa (1 MVR= Rp 750), dolar AS juga diterima disini
·         penginapan: US$ 40-100 atau Rp 460.000 sampai 1.100.000 per-malam
·         makan: US$3-10  atau Rp 35.000 sampai Rp 110.000 per hidangan, air minum US$ (Rp 11.500)
·         taxi US$2 (Rp 23.000) tarif dasar
·         kapal ferry  US$1-5 ( Rp 11.500 sampai 58.000)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar